Tahap Perkembangan Anak
Psikologi dan Tahap Perkembangan Pendidikan
I.
Masa anak-anak awal atau masa prasekolah
·
Terjadi pada usia 2 – 6 tahun
·
Masa Negativis (Trotzalter), yaitu masa dimana
anak-anak suka membangkang, adanya penentangan yang terjadi karena anak-anak
yang merasa bahwa dirinya sudah bisa melakukan segala hal dengan sendiri.
·
Masa bermain. Macam – macam masa bermain ini
yaitu :
a)
Unoccupied behavior
b)
Onlooker behavior
c)
Salitary dependent play
d)
Parallel play
e)
Associative play
f)
Cooperative play
·
Masa eksplorasi, yaitu masa dimana rasa ingin
tahu anak-anak meningkat untuk menyelidiki tentang lingkungan sekitarnya
·
Masa meniru. Anak-anak cenderung akan meniru
hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya tanpa mengeti arti dari perilaku
yang mereka tiru.
Tahap perkembangan kognitif pada masa anak-anak awal menurut Piaget yaitu
tahap Praoperasional, dengan ciri-ciri :
Ø
Belajar menggunakan bahasa
Ø
Cara berpikit yang bersifat egosentris
Tingkat
perkembangan moral pada masa anak-anak awal menurut Kohlberg yaitu Prakonvensional :
Ø
Tahap 1 : Orientasi hukuman
Ø
Tahap 2 : Orientasi ganjaran
II.
Masa kanak – kanak akhir
·
Terjadi sejak umur 6 tahun sampai tahap matang
secara seksual.
·
Adanya pengaruh dari teman sebaya yang mulai
dominan.
·
1-2 tahun terakhir merupakan masa pra pubertas.
Tahap perkembangan kognitif pada masa kanak-kanak akhir adalah tahap
operasional dengan ciri-ciri :
Ø
Mampu berpikir logis tentang suatu objek dan dan
suatu kejadian
Ø
Mampu mengklasifikasikan objek
Ø
Menguasi konversi jumlah dan berat
Tingkat perkembangan moral pada masa kanak-kanak akhir adalah
Konvensional :
Ø
Tahap 3 : Orientasi pada “Good boy / girl “
Ø
Tahap 4 : Orientasi otoritas
0 komentar: